Saturday, July 25, 2009

Creative business : sebuah gagasan

Creative business : sebuah gagasan

Sebuah materi tentang creative business, dan hal ihwal tentang bagaimana cara memulai sebuah bisnis kreatif sudah banyak kita temui di mana saja, toko-toko buku baik itu lewat media berupa buku tekstual maupun buku temporer yang pada dasarnya adalah mengajarkan kepada kita untuk bertindak dewasa menyikapi setiap tantangan bisnis yang sekarang ada di depan.

Bagi para beginner, atau mereka yang baru masuk ke bisnis kreatif, memiliki permasalahan yang sama, pertanyaan yang sama, atau pikiran yang sama yaitu dari mana harus memulainya? Itu lumrah jika kemudian para enterpreuneur muda itu berhenti di tengah-tengah perjalanannya untuk memulai bisnis kreatif. Jika kemudian pertanyaan tersebut kita jabarkan menjadi bagian-bagian kecil, dituliskan dalam secarik kertas lalu mulailah Anda menggambar sebuah skema sederhana tentang membuat rancangan bisnis, maka masalah itu sedikit-sedikit akan ketemu titik cerahnya.

Bisa begitu? Bisa! Business Creative adalah sebuah perlakuan untuk membangun rumah baru, di mana di dalamnya Anda isi dengan hal-hal yang serba baru, atau yang telah ADA dan Anda modify (kembangkan) sehingga membentuk hal-hal baru yang memiliki satu nilai, baik nilai komersil ataupun nilai dari sisi non komersil, kepuasan, seni dll. 

Dari perumpamaan di atas, maka mulailah Anda gambar sebuah rumah tersebut sesuai keinginan Anda, tidak terlalu mewah, tapi harus bener-bener memiliki konsep yang sesuai, misal : Anda menggambar pintu, maka gambarlah layaknya sebuah pintu rumah, atau Anda cukup dengan memberikan legend (keterangan gambar) jika menggambar pintu terlalu rumit bagi Anda. Dan elemen-elemen rumah lainya yang perlu Anda jabarkan ke dalam sebuah gambar rumah. 

Dari elemen-elemen yang Anda tuliskan tadi, itu adalah sebenarnya masalah-masalah yang sedang Anda hadapi dalam memulai sebuah bisnis kreatif, yang cukup Anda lakukan adalah mencari solusi dari setiap elemen-elemen masalah yang Anda hadapi tersebut. Namun, pada kenyataanya meski terlihat mudah, jalan menuju berdirinya sebuah rumah yang kita idamkan cukup sulit. 

Ada begitu banyak halangan yang mesti kita hadapi, tapi tips nya adalah coba Anda perhatikan sebuah batu yang berlubang akibat terkena pukulan air yang secara terus menerus menghantamnya. Batu yang tadinya tidaklah mungkin hancur oleh air, kini harus menyerah akibat konsistensi air yang secara terus menerus memukulinya. Begitupun bisnis.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search